Selasa, 12 April 2011

PARAMETER TELESKOP

Teleskop ada dua tipe dasar, yaitu teleskop pemantul dan teleskop pembias. Sebuah cermin pada dasar tabung tanpa lensa pada puncak merupakan dasar teleskop pemantul. Satu lensa pada puncak tabung teleskop adalah dasar dari tipe teleskop pembias. Cermin yang dibutuhkan teleskop digerinda, dihaluskan dan dilapisi secara khusus agar dapat mengumpulkan cahaya yang luar biasa banyaknya dan memperbesar sebesar-besarnya. Para ahli menilai tipe pembias lebih baik daripada teleskop pemantul dengan kekuatan sama, tetapi teleskop pemantul lebih gampang dipakai dan lebih murah harganya atau lebih gampang dibuat.diantara bagian-bagian teleskop adalah sbb:
1.                  findescope optik yaitu berfungsi untuk memperbesar kolom foto  serta membentu dalam pemusatan tepat bintang.
2.                  focuser, setiap teleskop memiliki focuser dan focusers datang dalam berbagai gaya. melekat pada tabung teleskop dan memegang lensa mata teleskop. Kebanyakan model teleskop memiliki tombol di sisi (rak dan pinion, Crayford) yang memungkinkan tabung internal untuk bergerak ke atas dan ke bawah sampai fokus dicapai, tetapi beberapa model (heliks) baik kiri atau kanan untuk mencapai fokus.
3.                  Eyepieces adalah sebagai luas dan beragam seperti teleskop sendiri. Pada dasarnya, lensa mata teleskop adalah suatu pengaturan lensa dalam array gentong untuk membantu perbesaran gambar. Mereka datang dalam berbagai ukuran yang sesuai dengan focuser dan berbagai macam sama faktor pembesaran dan gaya. memiliki apparent field of view (medan pandang lihat), yaitu sudut maksimum sebagaimana dilihat melalui lensa itu sendiri. Pada praktiknya, dalam sebuah  teleskop lensa okuler berpasangan dengan lensa objektif.

4.                  teleskop tube, setiap Teleskop juga memiliki tabung - atau tabung optik.. Ini hanyalah sebuah tabung hampa terbuat dari berbagai bahan yang bagian teleskop melampirkan. Untuk teleskop refraktor , lensa utama berjalan di depan dengan focuser di belakang, sedangkan reflektor memiliki cermin utama di belakang, depan terbuka dan focuser berada di sepanjang sisi atas. Desain bervariasi antara jenis teleskop dan produsen
5.                  Primer Mirror Cell: Ini adalah perakitan lengkap yang memegang cermin utama dari teleskop reflektor . Desain juga bervariasi dari produsen ke produsen, tetapi prinsipnya adalah sama.yaitu memegang cermin dan memungkinkan untuk penyesuaian.
6.                  lensa, adalah mengumpulkan utama perakitan ringan untuk teleskop refraktor. Hal ini pada dasarnya kerah yang memegang lensa primer di tempatnya dan cocok ke tabung teleskop.
7.                  Tripod,yaitu 3 kaki pada teleskop yang berfungsi untuk menahan teleskop hingga ketinggian di mana orang dapat berdiri untuk menggunakannya
8.                  Hal yang tak kalah pentingnya adalah persoalan pemikul
teleskop.Sistem pemikul teleskop harus sangat stabil
sehingga tak mudah bergoyang. Ini sangat penting bila
kita mengamati objek dengan perbesaran tinggi.Goyangan sedikit saja dapat menggetarkan citra yangdihasilkan dan merusak pandangan. Pemikul umumnya  terdiri atas dua macam: Alt-azimuth atau Ekuatorial.
Mounting alt-zimuth cukup sederhana , ai bergerak  ke kiri-kanan (arah azimuth) dan atas – bawah ( arah altitude) , sehingga bekerja layaknya meriam. Bidik kea rah ojek dan liat.
Mounting Ekuatorial sedikit lebih rumit.mounting ini diatur agar sumbuh rotasinya sejajar dengan sumbuh rotasi bumi, dengan demikian teleskop ini dapat mengikuti  gerakan rotasi bumi.
Menyejajarkan telekop dengan sumbuh rotasi bumi agak menyulitkan dan kita harus tahu arah kutub utara – selatan bumi, namun  begitu kita memahami prinsip  rotasi bumi dan gerak teleskop maka mounting ini  sangat membantu dalam mengikuti gerak benda langit dan umumnya  motor teleskop diatur untuk mounting tipe ini  dan dapat secara otomatis menggerakan teleskop.
9.                  Keberadaan motor ini merupakan syarat bagi fotografi yang akurat.hanya
10.              beberapa produsen yang mengikuti motor dalam mounting alt-zimuth , ssehingga tidak masalah bila kita lebih memilih pemikul ini.yang menjadi pertimangan adalah kebiasaan kita.apakah kita lebih memilih mounting alt-zimuth yang sederhana tapi bergerak dalam dua sumbuh sehingga seringkali membingungkan, ataukah mounting ekuatorial yang lebih rumit.membutuhkan persiapan sebelum bisa digunakan , tapi bergerak hanya dalam satu sumbuh.
11.              lensa mata adalah bagian bahwa seseorang terlihat melalui dan tergantung pada jenis                    teleskop, beberapa mungkin memiliki lensa tambahan individu berada di dalam.pencari adalah salah satu bagian yang paling penting dari teleskop karena memungkinkan pengguna untuk melacak benda-benda di ruang angkasa. Tanpa si penemu itu akan membuat hampir tidak mungkin untuk menemukan benda yang jarak jauh. Hal ini melekat pada sisi teleskop utama. Teleskop pencari mempunyai kekuatan sedang sekitar tiga sampai delapan kali, bila dipasang di atas tabung teleskop. Pakailah pada titik nol untuk daerah yang ingin dilihat.
12.              Lensa Barlow adalah lensa tambahan yang bisa ditempatkan di antara focuser dan lensa mata. It effectively increases the focal length of the telescope, therefore increasing the magnification of a telescope (usually 2x but can go up to 5x). Ini efektif meningkatkan panjang fokus teleskop, sehingga meningkatkan perbesaran teleskop (biasanya 2x tapi bisa pergi ke 5x).
13.              Gunung adalah bagian dari sebuah teleskop yang memegang teleskop di tempat. There are two types of mount the alt-azimuth and the equatorial. Ada dua jenis mount alt-azimut dan ekuatorial. There are other types of mounts but they are generally used for larger, advanced telescopes that aren't available in retail stores. Ada jenis lain dari gunung tetapi mereka biasanya digunakan untuk yang lebih besar, teleskop canggih yang tidak tersedia di toko ritel
14.              Cermin Objektif
Alat ini merupakan sesuatu yang sangat berguna agi teleskop, sehingga sering orang mengatakan sebagai jantung teleskop.cermin ojektif iasanya memiliki diameter tertentu.
15.              Cermin Diagonal
Cermin ini adalahcermin kecil yang dinamakan “flat”, cermin ini dipasang pada tangkai yang dapat distel dekat puncak tabung. Cermin diagonal akan memantulkan gambar dari cermin obyektif ke tempat mata. Benda ini dapat dibeli berpasangan dengan cermin obyektif.
16.              Rakitan Pengimbang
Teleskop harus dipasang begitu rupa sehingga mudah berputar naik turun dan dari sisi ke sisi.  Rakitan pengimbang berputar pada sambungan umum dan mengimbangi berat teleskop sehingga teleskop tidak bergerak setelah diarahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar