Selasa, 12 April 2011

PERSAMAAN PLANK


Pada awalnya semua benda dianggap dapat menerima atau memancarkan energi radiasi  dalam berbagai ukuran (kontiniu) Sampai tahun 1900, ahli fisika menganggap bahwa radiasi elektromagnet bersifat kontiniu. Hingga Max Planck mengajukan gagasan bahwa radiasi elektromagnet bersifat diskret (suatu benda hanya dapat memancarkan atau menyerap radiasi elektromagnet dalam ukuran atau partikel-partikel kecil dengan nilai tertentu. Partikel energi itu dinamakan kuantum. Kemudian Einstein membuktikan teori tersebut dengan menyatakan bahwa radiasi elektromagnet mempunyai sifat partikel. Partikel ini dinamakan foton.
Besar energi dalam satu partikel (kuantum ataupun foton) bergantung pada frekuensi atau panjang gelombang radiasinya, sesuai dengan persamaan :

E=h x f atau E=h x c/a

E= adalah radiasi
h =adalah tetapan Planck=6,63 x 10-34
Pernyataan tersebut menyatakan bahwa energi foton berbanding terbalik dengan panjang gelombang.
kuanta dan gelombang EM
A.                Hukum Pergeseran Wien (Wien’s Displacement Law)
Suatu Puncak dari kurva fungsi persamaan Plank menunjukan bahwa untuk panjang gelombang pendek memberikan nilai intensitas radiasi yang tinggi dengan peningkatan suhu.Panjang gelombang maksimum suatu gelombang EM yang dihitung berdasarkan fungsi T didapatkan dengan membuat persamaan turunan dari persamaan Plank terhadap ʎ  sama dengan 0. Hasil dari turunan tersebut merupakan persamaan non linear, dan didapatkan :
x = 5(1- e -x )
              dengan x adalah,
                                    X =        C2
                                      ʎ max T
Setiap kenaikan suhu akan mengakibatkan kenaikan nilai radians. Besar dan variasi dari kenaikan tersebut adalah fungsi dari panjang gelombang dan suhu. Besar perubahan nilai radians yang beralsi dengan besar perubahan suhu disebut sebagai sensivitas suhu (temperature sensitivity) yang biasanya dinotasikan
Dengan demikian  untuk nilai jumlah gelombang yang tinggi (panjang gelombang pendek) akan mempunyai nilai   yang lebih besar dan sebaliknya untuk jumlah gelombang yang rendah (panjang gelombang panjang) akan mempunyai nilai   yang lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar