Selasa, 12 April 2011

Pengantar Ilmu Falak

ilmu falak adalah ilmu yang langka kiranya saat ini sudah tak berlaku lagi. Sebagai umat islam urgensi ilmu falak sangat penting terutama dalam masalah peribadatan karena seluruhnya berkaitan dengan waktu, sehingga muncul istilah ibadah muwaqqat[1]. Mulai dari menghadap Qiblat, awal waktu shalat, awal bulan Qomariyah serta mengetahui terjadinya gerhana semua itu tak lepas dari peranan ilmu falak di dalamnya.   


Menurut bahasa  (etimologi), falak فلك )) artinya orbit atau lintasan benda-benda langit. Ilmu falak juga berarti ilmu hisab(حسب), karena dalam praktiknya ilmu ini menggunakan perhitungan. Sering pula disebut dengan ilmu rashd (لراصد) yaitu pengamatan, karena ilmu ini memrlukan pengamatan. Selain itu disebut pula ilmu Miqat (الميقات)artinya batas-batas waktu
Pokok bahasan dalam ilmu falak adalah penentuan waktu dan posisi benda langit  (matahari dan bulan) yang diasumsikan memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan ibadah. Sehingga pada dasarnya pokok bahasan ilmu falak berkisar pada :
1.      Penentuan arah Qiblat dan bayangan arah Qiblat
2.      Penentuan awal waktu shalat
3.      Penentuan awal bulan Qomariyah
             4.   Penentuan gerhana bulan dan matahari


[1] Yaitu ibadah yang ditentukan waktunya, Sebagaimana tercantum dalam al-Qur’an Surat an-Nisa’ : 103

2 komentar:

  1. Dalam kebanyakan buku-buku lama ilmu ini lebih dikenal dengan nama Ilmu Al-Haiah (علم الهيئة) yaitu ilmu yang membahas keadaan (هيئة) benda-benda langit dari segi kuantitas, kualitas, posisi dan sbgnya. Nama ini sekarang jarang disebut.
    Lihat buku علم الفلك تاريخه عند العرب فى القرون الوسطى
    Sekedar melengkapi.

    BalasHapus